VISI : SEHAT ADIL MAKMUR SEJAHTERA MISI : GUYUP RUKUN AYEM TENTREM MENUJU MASYARAKAT DESA BRINGINAN YANG CERDAS,TERUKUR,TERKENDALI,DAN BERPRESTASI

Artikel

Profil Perpustakaan Rumah Baca

09 Desember 2021 10:32:23  Administrator  170 Kali Dibaca 

PROFIL PERPUSTAKAAN "RUMAH BACA"

DESA BRINGINAN

Kebutuhan masyarakat Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo akan membaca dan keinginan menambah wawasan menjadi dasar didirikannya rumah baca. Adanyan Rumah baca masyarakat dapat mengisi waktu luang untuk mejadi lebih  bermanfaat. Perpustakaan Desa menyediakan berbagai koleksi dan berbagai layanan guna mempermudah proses belajar serta akses informasi. Pembentukan karakter anak-anak Desa Bringinan menjadi fokus penting dan bersinergi dengan program-program pemerintah Desa Bringinan.

Sejarah Perpustakaan

Perpustakaan “RUMAH BACA” Desa Bringinan berdiri pada Tahun 2015 dengan biaya dari swadaya masyarakat dengan tujuan utama menggalakan gerakan ayo membaca. Sebagian besar koleksi buku Perpustakaan  “RUMAH BACA” merupakan hasil sumbangan para donatur. Pemberian nama  “RUMAH BACA” sendiri mempunyai maksud  bahwa adanya suatu tempat atau wadah bagi masyarakat untuk membaca dan memperoleh informasi ilmu pengetahuan dengan kenyamanan seperti rumah sendiri bagi para penggunanya. Artinya Perpustakaan “RUMAH BACA” diharapkan mampu menyediakan sumber informasi, pengetahuan, dan pengalaman serta sarana prasarana pemberdayaan masyarakat yang pada akhirnya mempunyai hasil positif. Perpustakaan “RUMAH BACA” juga diharapkan mampu menggalakan budaya gemar membaca di masyarakat yang saat ini mulai memudar. 

Perpustakaan “RUMAH BACA” di masa depan diharapkan menjadi rujukan masyarakat untuk memperoleh informasi, pengetahuan sebagai tempat untuk berbagai kegiatan  masyarakat Desa Bringinan. Perpustakaan “RUMAH BACA” merupakan sarana transformasi bagi perubahan di masyarakat, karena ada berbagai macam pelatihan-pelatihan yang diadakan di perpustakaan Desa Bringinan. Pelatihan-pelatihan ini diadakan dengan kerjasama dari berbagai lembaga.

Pelatihan yang telah dilaksanakan telah mampu menumbuhkan usaha-usaha ekonomi kreatif yang mampu meningkatan perekonomian masyarakat desa.  Berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui  bahwa desa Bringinan mempunyai sumber daya yang berpotensi untuk dikembangkan. Pelatihan dan kegiatan sosial yang sudah terlaksana antara lain: Pelatihan digital marketing bagi pemuda dan pelaku usaha; pelatihan membuat tas dan kerupuk bagi perempuan; pelatihan pupuk organik bagi kelompok tani; pelatihan pemetaan desa bagi kelompok masyarakat; pelatiahan tari serta donor darah  bagi warga masyarakat desa Bringinan dan sekitarnya. 

Perpustakaan “RUMAH BACA” ini mendapatkan perhatian yang tinggi dari pemerintahan desa. Pemerintah desa  memberikan fasilitas perpustakaan menjadi lebih baik. Setiap kegiatan pelatihan ataupun kegiatan sosial di perpustakaan kepala desa dan perangkat hadir untuk mendampingi. Menurut Barno, Kepala Desa Bringinan, bahwa perpustakaan desa adalah jendela ilmu pengetahuan , ini bisa dibuktikan dengan peran perpustakaan desa sebagai sarana belajar, sarana akses informasi dan ilmu pengetahuan, serta sarana berbagai pemberdayaan masyarakat. Masyarakat desa khususnya perempuan semakin giat percaya diri menjadi wirausaha dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki. Pemuda desa juga memiliki skill mumpuni dan kreatifitas dalam menghadapi era globalisasi.

Sejak tahun 2015 program-program perpustakaan “RUMAH BACA” mendapatkan perhatian dari DPR RI dan Pemerintah Kabupaten. Harapannya dengan adanya perpustakaan “RUMAH BACA” di Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo secara konsisten mampu menjadi tempat kegiatan positif, membangun, dan memajukan masyarakat luas.

Visi, Misi, dan Motto Perpustakaan

Visi :

 Melalui perpustakaan “RUMAH BACA” kita menciptakan masyarakat yang cerdas, terukur, dan terkendali.

Misi :

Memberikan layanan dan sarana akses informasi dan ilmu pengetahuan yang akurat, valuable, cepat, dan mudah
Menciptakan pengelolaan perpustakaan yang proporsional, efektif dan efisien.
Menambah koleksi buku dan sumber informasi dan ilmu pengetahuan  lainnya.
Memberikan rasa nyaman bagi pengguna perpustakaan.
Menciptakan ketertiban dan kedisiplinan bagi pengguna perpustakaan
Meningkatkan fasilitas dan akses pencarian koleksi bahan pustakaan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

25 Oktober 2022 | 27 Kali
PANEN DINI
27 September 2022 | 83 Kali
BUDAYA
31 Agustus 2022 | 98 Kali
SEMARAK KEMERDEKAAN
10 Juli 2022 | 44 Kali
Indahnya berkurban di hari raya idul adha
31 Mei 2022 | 182 Kali
KARTU PRAKERJA
27 April 2022 | 57 Kali
SOSIALISASI PROKES SAAT LEBARAN
07 April 2022 | 82 Kali
Safari Ramadhan MWC NU Jambon
19 November 2021 | 387 Kali
Sejarah Desa
09 Desember 2021 | 308 Kali
Wilayah Desa
16 November 2021 | 294 Kali
Data Desa
17 November 2021 | 278 Kali
Pemerintahan Desa
02 Februari 2022 | 251 Kali
AWAS DEMAM BERDARAH
08 Desember 2021 | 240 Kali
Visi Dan Misi
30 November 2021 | 189 Kali
Sejarah Kepemimpinan Desa Bringinan

Agenda

Sinergi Program

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Mulyo Lapangan no. 2
Desa : Bringinan
Kecamatan : Jambon
Kabupaten : Ponorogo
Kodepos : 63456
Telepon : 08123425482
Email : info@bringinan.desa.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:82
    Kemarin:67
    Total Pengunjung:31.503
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.56.9
    Browser:Tidak ditemukan