KIS Tidak Merata, Kades Bringinan Berikan KBS Untuk Warganya

02 Mei 2019 10:15:21 Administrator Agenda Desa

BRINGINAN – Hadirnya Kartu Indonesia Sehat (KIS) membawa permasalahan tersendiri dibeberapa kalangan warga Masyarakat, diantaranya timbul kecemburuan sosial akibat tidak merata penerima KIS di Masyarakat.

Mengatasi hal tersebut, Kepala Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Barno meluncurkan Kartu Bringinan Sehat (KBS).

Menurutnya, dengan adanya KBS ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang sama seperti pemegang KIS dan tidak ada lagi kecemburuan sosial.

KBS sendiri ini kerjasama antara pihak desa dengan Puskesmas Jambon. Ratusan warga desa yang berusia senja berbondong-bondong datang ke Kantor Desa Bringinan untuk berobat menggunakan KBS. Para warga mengantri kemudian satu per satu dipanggil untuk dilakukannya pemeriksaan.

Pemeriksaan meliputi berat badannya kemudian tekanan darah. Tidak sampai disitu, juga ada konsultasi dengan dokter dari Puskesmas Jambon.

Bila warga mengeluhkan asam urat, akan ada cek asam urat gratis. Pun jika mengeluhkan gula darah maupun kolestrol juga akan ada cek lanjutan.

Ratusan warga tersebut jika merasakan sakit akan diberikan obat. Semua gratis menggunakan KBS. Ya, kartu semacam KIS yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi.”Saya terus terang saja. Dari 444 KK, yang dapat KIS hanya 83 KK. Banyak warga yang protes dan tidak mampu mengadu,” kata Barno Kades Bringinan, Selasa (17/4).

Untuk anggaran KBS sendiri di ambil dari Dana Desa. “Kartu Bringinan Sehat kami ambilkan dari Dana Desa sebesar Rp 86 juta. Karena sesuai amanat undang-undang bisa diambilkan untuk kesehatan sebesar 10 persen,” ujarnya.

Tak hanya itu, para lansia ini juga mendapatkan sosialisasi terkait penyakit asam urat, gula darah, dan tekanan darah rutin dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. “Dan tiap orang mendapatkan satu set susu untuk lansia,” ujarnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung