Krupuk Ampas Tahu Kreasi Ibu – Ibu PKK Desa Bringinan Menjadi Favorit Masyarakat

16 Agustus 2019 23:09:25 Administrator Produk Desa

Ampas tahu merupakan hasil sampingan yang diperoleh dari proses pembuatan tahu kedelai.

Ampas ini biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak dan sebagian lainnya digunakan oleh beberapa masyarakat pedesaan untuk diolah menjadi bahan pembuatan tempe gembus.

Ibu-ibu PKK (Pembina Kesejahteraa Keluarga) Desa Bringinan yang mayoritas para anggota PKK berprofesi sebagai petani mempunyai ide kreatif menjadikan ampas tahu makanan kerupuk yang nikmat, lezat, sehat dan bergizi.

Hari ini Rabu (31/7/19) Bertempat di rumah Atik Suryani Dukuh Dondong RT/RW 02/02 Desa Bringinan ibu – ibu PKK bersama KPM IAIN Ponorogo membuat krupuk dari ampas tahu dan hasilnya cukup lumayan, rasanya pun nikmat dan lezat.

Ketua PKK Desa Bringinan Fitri Nuryani memaparkan, ide tersebut berawal dari hasil diskusi kelompoknya bersama KPM IAIN Ponorogo. Selama ini Desa Bringinan merupakan salah satu desa di Kecamatan Jambon yang warganya ada yang memproduksi tahu untuk dipasarkan. Namun dalam proses pembuatannya, hasil limbah ampas tahu itu tidak pernah dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja, terkadang hanya dipakai sebagai makanan ternak.

“Maka dari itu kami ibu – ibu PKK membuat sebuah terobosan bagaimana memanfaatkan limbah ampas tahu ini menjadi sebuah makanan yang nikmat, lezat, dan sehat. Dan tentunya bisa membantu mengangkat nilai ekonomi warga Desa Bringinan, yakni dengan mengolahnya menjadi kerupuk ampas tahu,” ucapnya.

Barno, selaku kepala Desa Bringinan sangat mendukung dengan adanya ide kreatif pembuatan krupuk ampas tahu yang bisa diberdayakan sebagai usaha masyarakat dan juga bisa dijadikan aikon prodak unggulan Desa Bringinan.

“Hal ini adalah kreatif inofatif yang sangat perlu didukung untuk diberdayakan sebagai usaha masyarakat, karena masih jarang dan bisa kita jadikan sebagai aikon produk unggulan Desa Bringinan “One Valide One Product”  Desa Bringinan sesuai dengan program bupati ponorogo. Sementara ini ampas tahu cenderung hanya di gunakan pakan ternak saja, kini oleh ibu-ibu PKK Desa Bringinan dijadikan makanan ringan sehingga muncul nilai ekonomisnya, ini sungguh luar biasa.” tutupnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung